Jenis Services :: MANAJEMEN BILLING / BILLING MANAGEMENT

Manajemen Billing merupakan transformasi pekerjaan dari Pembacaan Meter (Cater) dengan menambahkan 2 (dua) pekerjaan lainnya pada PT PLN (Persero) yaitu Penataan Data Induk Pelanggan (PDIL), dan Pengendalian Piutang.

Video : MANBILL Activity

Pengorganisasian personel pada pekerjaan Manajemen Billing adalah sebagai berikut:

      

Tujuan dari penambahan sehingga terbentuk Manajemen Billing yaitu kebutuhan PT PLN (Persero) untuk optimalisasi tenaga kerja pembacaan meter yang sebelumnya hanya bekerja sesuai hari baca meter (5 s.d 10 hari) menjadi bekerja penuh selama 1 bulan dengan kompensasi pembayaran upah kepada tenaga kerja minimal sesuai dengan UMK yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Penjadwalan pelaksanaan Manajemen Billing adalah sebagai berikut :

  
1. KANTOR PUSAT :
  1. Melakukan analisis dan evaluasi terhadap pra-pekerjaan, pelaksanaan dan pasca pekerjaan Manajemen Billing.
  2. Pemantauan pelaksanaan pekerjaan Manajemen Billing
  3. Mempersiapkan standard operasi yang diperlukan untuk mendukung terlaksananya pekerjaan Manajemen Billing dengan baik
  4. Melakukan analisis dan evaluasi atas biaya operasional dalam pelaksanaan pekerjaan Manajemen Billing
  5. Membuat penilaian terhadap tenaga kerja Manajemen Billing Unit
  6. Membuat rekomendasi atas hasil pekerjaan tenaga kerja Manajemen Billing

2. KANTOR CABANG :
  1. Mengelola manajemen pekerjaan Manajemen Billing dengan mengacu pada system dan prosedur kerja yang sudah ditentukan.
  2. Memberikan arahan dan petunjuk kepada tenaga kerja yang terlibat dalam pekerjaan Manajemen Billing tentang tata laksana pekerjaan Billing Management sesuai dengan wilayah kerja yang dikelolanya.
  3. Melakukan koordinasi dengan seluruh Koordinator untuk memastikan kelancaran pekerjaan Management Billing di wilayah kerjanya.
  4. Melaksanakan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi atas pelaksanaan Management Billing untuk menjamin kualitas pekerjaan sesuai dengan harapan Perusahaan dan PT PLN (Persero)